Januari 27, 2023

WALANG APRAGA

Gerakan Pramuka MTs Negeri 1 Trenggalek Jawa Timur

Peringati Hari Sumpah Pemuda 2022 Bersama Penyandang Disabilitas di PNPBK 2022

PRAMUKA.ID -Penyandang kebutuhan khusus atau penyandang disabiltas tidak menjadi kendala bagi mereka peserta Pertemuan Nasional Pramuka Berkebutuhan Khusus Tahun 2022 (PNPBK 2022) yang saat ini sedang berlangsung di Royal Safari Garden, Cisarua, Bogor,  untuk memberikan perhormatan atas momen Hari Sumpah Pemuda, yang biasa diperingati setiap 28 Oktober.

Sama seperti orang non disabilitas  umumnya, para peserta PNPBK 2022 terlihat sangat  antusias dalam melaksanakan upacara memperingati momen bersatunya seluruh pemuda di Indonesia, yang menjadi cikal-bakal kemerdekaan Ibu Pertiwi yang digelar di lapangan Banteng, komplek Royal Safari Garden, Jum’at (28/10/2028) pagi.

Antusias mereka terlihat sangat ingin menyambut perayaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, ini dibuktikan ketika panitia/tim fasilitator kegiatan untuk menyeleksi menjadi petugas upacara.

“Untuk persiapan memang tidak lama, karena pada dasarnya anak-anak juga sudah biasa melaksanakan upacara pembukaan latihan untuk menaikkan bendera Merah Putih dipagi hari dan Upacara Penurunan Bendera yang dilaksanakan setiap sore hari selama kegiatan PNPBK 2022 berlangsung, 25-29 Oktober 2022, ujar Kak Deden Syafrudin, Tim Fasilitator kegiatan PNPBK 2022.

Tugas panitia/fasilitator sedikit ringan karena walaupun semua peserta disabilitas dari disabilitas Rungu, Daksa, Netra dan Disabilitas Grahita memiliki kemauan ingin bisa dan ternyata mereka memang bisa.

Pagi itu, 28 Oktober 2022 di Lapangan Banteng, Komplek Royal Safari Garden sudah berjejer anak-anak berkebutuhan khusus yang dengan antusias mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Mereka seluruh peserta daerah sudah menggunakan pakaian daerahnya masing masing, berbaris sesuai dengan kolompok disabilitasnya.

Kendati berkebutuhan khusus, adik-adik Pramuka Berkebutuhan khusus ini memang terlihat cukup antusias dalam mengikuti agenda upacara dari sesi ke sesi.

Terlebih pada saat pembacaan teks sumpah pemuda yang dipimpin oleh Adik Fahmi, disablitas Daksa utusan Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat. Adik Fahmi asal Kota Bandung ini dibantu kak Upi (tin fasilitatot) yang membantu memberikan bahasa isyarat bagi Disabilitas Rungu, terlihat bersemangat dan khidmad dalam mengikuti lantunan teks ikrar sumpah pemuda yang dibacakannya.

Sementara yang ditugaskan membaca teks Dasa Darma Pramuka disampaikan oleh adik Namira, Disabiltas Rungu utusan dari Kwarda Gerakan Pramuka Bali menyampaikan dengan bahasa gerakan tangan dan tubuh. Terlihat Adik Namira dengan isyarat tubuh dan gerakan tangan, mampu dilaksanakan dengan lantang.

Untuk petugas penggerek Bendera Merah Putih, ketiganya disabilitas Grahita.

Terakhir adalah yang memimpin do’a adalah adik Bintang utusan dari Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, dengan penuh khusuk dan pasih melapalkan ayat ayat suci alqur’an, memanjatkan do”a. Tiba-tiba suasana menjadi hening seraya mengaminkan do’a-do’a yang dipanjatkan oleh adik kita Bintang.

Sementara sebagai Pembina Upacara adalah Kak Rika Ramayati, Penanggung jawab kegiatan PNPBK 2022. Beliau membacakan sambutan resmi dari Kemenpora RI.

disalin dari : berita kwarnas