Januari 27, 2023

WALANG APRAGA

Gerakan Pramuka MTs Negeri 1 Trenggalek Jawa Timur

Kwarda Jatim Latih Peserta Pertikara Nasional

Surabaya – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur bersama Polda Jawa Timur melaksanakan Pemusatan Latihan untuk peserta Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Nasional (Pertikaranas) IV tahun 2022, bertempat di Kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur (8/11/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang peserta putra dan 16 peserta putri dari masing-masing perwakilan Saka Bhayangkara Polres se-Jawa Timur. Unsur Dewan Kerja Daerah sebagai Pimpinan Kontingen Kak Satrio dan Radisya, Bindamping Kak Mujahid dan Kak Ika Safitri, Staf Kontingen Kak Hari Poernomo dan Kak Abraham Wirastha, serta dokter kontingen Kak Nurma Paramita dan Kak Thoma Kumala. yang seluruhnya didukung penuh Polda Jatim dan Kwarda Jatim.

Pertikara Nasional IV tahun 2022 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Gambus, Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 13-18 November 2022.

Latihan dibuka oleh Sekretaris Kwarda Jatim Kak Bambang Suyanto, S.Sos., M.Si. Hadir pula perwakilan dari Polda Jawa Timur turut mendampingi selama kegiatan latihan.

Dalam sambutannya, Kak Bambang menyampaikan tujuan kegiatan Pertikara Nasional IV.

“Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional adalah wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Saka Bhayangkara yang dilaksanakan 5 tahun sekali, dengan kegiatan berkemah yang orientasi kegiatannya adalah bakti dan pengabdian masyarakat” kata Kak Bambang mengawali sambutannya.

“Pertikara Nasional tahun 2022, dilaksanakan dalam upaya untuk mengantarkan generasi muda indonesia untuk menjadi generasi emas, sehingga ke depan, negeri ini akan dipimpin oleh generasi yang unggul dan memiliki keterampilan serta daya saing global”imbuhnya.

Kak Bambang menambahkan Pertikara Nasional sangat bermanfaat untuk pengembangan potensi peserta dari Jawa Timur.

“Pertikara Nasional merupakan bagian investasi pendidikan yang strategis bagi pengembangan potensi diri, agar kelak adik-adik menjadi generasi tangguh yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini” ujar Kak Bambang yang menjabat Sekretaris Kwarda Jatim.

Jawa timur dalam setiap kegiatan tidak hanya sekedar ikut berpartisipasi tanpa ada misi yang dibawa. Sebagai Pramuka Jawa Timur Sebagai Pramuka Jawa Timur, dalam persiapan mengikuti Pertikara Nasional 2022, peserta akan dilatih dan dibina dalam kegiatan training center selama 3 hari kedepan. Sehingga menjadi kebanggan Kontingen Daerah Jawa Timur.

Latihan yang akan berlangsung selama 3 hari kedepan, nantinya akan belajar materi tentang manajemen perkemahan, anggota saka yang ideal, kebhayangkaraan, hingga kesiapan kesehatan.

Kak Bambang Suyanto juga meminta peserta kontingen Jawa Timur untuk memperhatikan, menyimak, dan menyerap ilmu selama Pertikara Nasional.

“Adik-adik akan bertemu dengan anggota pramuka yang berkompeten dan memiliki pengalaman yang tidak diragukan lagi. Untuk itu perhatikan, simak, ikuti dan serap semua ilmu yang akan disampaikan, sebagai bekal adik-adik menjadi duta dari Jawa Timur dalam kegiatan Pertikara Nasional Tahun 2022″ kata Kak Bambang dengan penuh semangat.

“Bawalah semangat guyub dan produktif dalam setiap kegiatan yang adik-adik ikuti. Bawalah semangat persaudaraan dan pesan indah dari Jawa Timur untuk indonesia. Tempalah diri menjadi pribadi tangguh, tanggon, tanggap dan trengginas, siap dibarisan terdepan menghadapi dan menjadi solusi dari masalah kehidupan” pesan Kak Chemy kepada seluruh peserta.

Humas Kwarda Jatim

Achmat Maskurochman

disalin dari ; pramukarek.or.id ( dishare dan digunakan untuk Taman Baca lingkungan intern gugus depan MTs Negeri 1 Trenggalek )