Nabila : Senja Itu Selalu Menyimpan Sebuah Cerita

Senin 15 Februari Tahun 2021 pukul 17.00 WIB, Sore Hari yang seharusnya membawa cerita dan kenangan indah justru merupakan Senja yang membawa duka bagi Pratama Putri Pangkalan MTsN 1 Trenggalek. Sendi dan Tulang – tulang tubuhnya serasa lunglai. Seseorang yang selama ini menjadi tumpuan hidup dan juga seorang panutan dalam hidupnya dipanggil untuk menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Bapak dari Nabila Shohih dipanggil oleh yang maha kuasa diusia yang masih relatif muda setelah bertahun – tahun bergelud dengan penyakit bawaannya.

Sempat terpuruk pada titik terendah manusia, Nabila sempat akan mengundurkan diri dari Pengurus Dewan Galang MTsN 1 Trenggalek. Hal yang selama ini tidak pernah terpikirkan, telah terjadi dalam hidupnya. Kurang lebih dari 2 minggu dia mengurung diri, semua alat komunikasi dimatikan dan tidak ada yang bisa membujuknya untuk kembali menjadi Nabila yang Ceria, Periang dan Supel.

Setelah 2 mingguan dia mengurung diri, pertama kali yang dia hubungi adalah Ketua Gugus Depan Pangkalan MTsN 1 Trenggalek dan menyatakan diri untuk mundur dari Dewan Galang. Dengan banyak nasehat dan juga motivasi hidup akhirnya sedikit demi sedikit dia luluh dan mencoba untuk berfikir ulang. Alhamdulilah., 3 hari kemudian dia menghubungi salah satu Pembina Pramuka bahwa dia siap untuk melanjutan kepengurusan di Dewan Galang.

Itu sekelumit Kisah pilu dari Seorang anak yang luar biasa lahir di Trenggalek pada tanggal 8 Mei 2007 Pasangan Almarhum Bapak Juwair dan Ibu Anis Widiawati. Terlahir dengan nama lengkap NABILA SHOHIH YUANISA atau teman – temannya sering memanggil BILSOH. Saat ini tinggal bersama ibu dan seorang adiknya di Ngadirenggo, Pogalan , Trenggalek.

Lulusan SD IT Permata Umat tahun 2019 ini merupakan aktivis Kepramukaan sejak SD . Beberapa kegiatan Kepramukaan pernah diikutinya, yang kemudian berlanjut dijenjang Madrasah Tsanawiyah. Beberapa Kegiatan Kepramukaan yang pernah diikuti yang kemudian mencatatkan prestasi bersama teman – temannya yakni :

  1. Lokagampil Brawijaya 2020
  2. Dianpinru Kwarcab Trenggalek
  3. V2CO SMK 2 Trenggalek
  4. Ajang Kreasi Pramuka Penggalang (AKPP) Online se – Indonesia
  5. Lomba Website Gugus Depan ( Pramuka Jurnalis )

Dan Puncak Tertinggi pada Organisasi Gerakan Pramuka dicapainya tepat pada Tanggal 5 Februari Tahun 2021 bersama dengan tujuh orang temannya, yakni Terlantik Menjadi Pramuka Penggalang Garuda Angkatan ke-3 . Para Anggota Gerakan Pramuka Pangkalan MTs Negeri 1 Trenggalek yang Terpilih dan dinyatakan sebagai Pramuka Tertinggi pada Golongannya dan mempunyai tanggung jawab besar terhadap Gugus Depan dan Kwartir Cabang.

Mengemban Amanat sebagai Pemimpin Regu Utama ( Pratama ) Putri dan juga sebagai Pramuka Penggalang Garuda merupakan Tanggung Jawab besar sekaligus suatu Kebanggaan luar biasa. Tidak semua anggota Dewan Galang bisa lolos menempuh Sarat Kecakapan Pramuka Garuda sekaligus menjadi Pratama Putri. tetapi ditangan dingin seorang Nabila Shohih semuanya bisa dijalankan dengan baik. sesuai dengan motto hidupnya. ” Better Late than Never ” lebih baik terlambat daripada tidak pernah sama sekali.

Tepat dibulan Mei ini yang juga merupakan hari dimana dia berulang tahun , dia bercerita : ” 3 bulan yang lalu senja menceritakan kisah pilu, hari ini senja membuatku tersenyum”

SELAMAT ULANG TAHUN BISLOH !!!

Ku nanti Cerita – Cerita lain yang menginspirasi dari para ” pemburu senja” ( baca : para anggota Dega penghuni sanggar bhakti yang menghabiskan waktu untuk menunggu berbuka puasa )

pen : Aprilio