Kakak Pembina Sekaligus Kakak Pelatih

Lahir di Trenggalek 35 tahun yang lalu di pesisir pantai Selatan, Munjungan. Tepatnya pada tanggal 30 Desember 1985. Kak Mansyur begitu para adik adik Dewan Galang memanggil.

Diawali dengan mengenyam pendidikan sekolah dasar di SDN 1 Besuki Munjungan pada tahun 1992. Kemudian melanjutkan ke sekolah menengah pertama yakni di MTs Plus Raden Paku pada tahun 1998. Lulus dari Madrasah Aliyah Raden Paku Trenggalek pada tahun 2004 beliau melanjutkan ke Perguruan Tinggi Strata 1 di STIT Sunan Giri Trenggalek dibawah Naungan Yayasan yang sama. Pada tahun 2009 beliau melanjutkan study Pascasarjana Strata 2 di IAIN Tulungagung dan memperoleh gelar Magister Pendidikan Islam.

Beliau adalah seorang aktivis pramuka yang sudah lama malang melintang di dunia kepramukaan. kariernya membina diawali dari Pangkalan MTs Plus Raden Paku Trenggalek pada tahun 2005-2010. pada tahun 2008-2009 Beliau pernah membina di SDN 2 Surodakan. 2011-2018 beliau mengajar di MTs Nurul Huda Pule sekaligus Pembina Pramuka di sana. Pada tahun 2018 beliau juga diminta oleh Pangkalan SMKN 2 Trenggalek untuk membina di Pangkalan ini.

Kak Mansyur Hidayat saat ini adalah Ketua Gugus Depan Putra di Pangkalan MTsN 1 Trenggalek , terhitung mulai tahun 2020. Beliau juga mengajar salah satu mapel PAI di madrasah ini. Pendidikan Kepramukaan yang pernah ditempuhnya yakni, Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) pada tahun 2005. Sedangkan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ( KML ) ditempuh pada tahun 2008 dengan Masa Pengembangan dan Evaluasi ( Narakarya II ) selama 6 bulan dan dikukuhkan menjadi Pembina Mahir Penggalang pada tanggal 14 Agustus 2009 pada saat Hari Pramuka di Lapangan Karangan Trenggalek.

Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kakak yang saat ini juga menjabat sebagai Andalan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek. Pada Tahun 2014 beliau mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar ( KPD ) yang diadakan oleh Kwartir Daerah Jawa Timur bertempat di Lapangan STKIP PGRI Trenggalek.

Usai mengikuti KPD beliau bergabung dengan Korp Pelatih Argoayu Kwarcab Trenggalek. Pada tahun 2015 beliau didelegasikan oleh Kwartir Cabang Trenggalek untuk mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan ( KPL ) Jenjang tertinggi pada Pendidikan kepramukaan. KPL ini diselenggarakan oleh Kwartir Nasional bertempat di Trawas Mojokerto. Dalam KPL Nasional ini, beliau menorehkan prestasi yakni peserta Terbaik 2 KPL Nasional 2015 Trawas Mojokerto.

Kakak yang satu ini juga merupakan salah satu Tetua Adat di Ambalan Diponegoro – Dewi Arimbi. Yang setiap tahunnya para Purna Ambalan ini selalu mengadakan kegiatan KMD di komando olehnya. Seabrek kegiatan dan kepanitiaan yang sudah diikuti kakak kita ini, mulai dari tingkat Gugus Depan hingga Kwartir Cabang.

Walang Apraga dalam sentuhan tangan dingin beliau mulai menggeliat, dari mengirim delegasi Peserta Dianpinru Daerah yang berhasil menyabet Peserta Terbaik 5, Progres Pramuka Garuda, Rintisan Ambalan Jatayu MTSN 1 Trenggalek, Pramuka Patriot Lingkungan, dan Pramuka Jurnalis.

Penulis ; filzah_adiba